Sunday, November 14, 2010

Wali Kelas Kami ^_^

Cerdas, anggun, semangat tinggi, serta berdedikasi dalam mengemban tugas dan amanah yang dipercayakan padanya, adalah beberapa dari banyaknya sifat yang dapat kita teladani dari Ibu Rolly Afriyanti, S.Si. Guru yang dipercaya membimbing kelas XII IPA 1 2010/2011 ini memang selalu terlihat semangat dalam mengajar. XII IPA 1 2010/2011 yang tidak lain adalah kami, anak-anak SCANDAL’S, sangat senang ketika tahu bahwa wali kelas kami adalah Ibu Rolly, begitu wanita kelahiran 30 April 1982 ini akrab kami sapa.

Ibu Rolly menamatkan pendidikan S1-nya pada tahun 2004 di Universitas Sriwijaya Fakultas Mipa Jurusan Biologi. Beliau mengakhiri pendidikannya tersebut dengan IPK yang cukup tinggi, yaitu 3,81. Jadi, teman-teman pasti sudah tahu bahwa Ibu Rolly mengemban tugas sebagai guru Biologi kami sekaligus sebagai wali kelas.

Dalam mengajar kami sehari-hari, Ibu Rolly selalu punya teknik pembelajaran yang unik dan kreatif seperti kuis, moving questions quiz,yaitu undian nama untuk menjawab pertanyaan, dan lain-lain. Terkadang Ibu Rolly juga mengajak kami untuk refreshing sejenak dengan menonton film di waktu bimbingan sore atau malam. Walaupun selalu ada rasa takut saat Ibu Rolly masuk kelas dengan membawa setumpuk kertas yang kami sangka kertas itu untuk kuis, tapi semua metode pembelajaran itu sangat berdampak baik untuk kami semua dalam memahami meteri yang telah diberikan. Belajar bersamanya juga tidak pernah tegang dan kaku, melainkan santai dan rileks namun tetap bersungguh-sungguh.

Beliau sejak bulan Juli tahun 2005 mengajar di SMAN 4 Lahat sampai sekarang dan juga mendapat tugas tambahan mengajar di SMPN 2 Merapi Barat. Walaupun sibuk karena mengajar di dua sekolah yang berbeda tingkatan, tetapi beliau tetap semangat mengajar. Tentu saja semangat guru menjadi teladan bagi siswanya.

Ibu Rolly juga merupakan sosok wali kelas yang selalu siap menjadi guru untuk kami, orang tua, sahabat, dan tempat mengadu. Ketika kami dilanda masalah, Ibu Rolly siap mendengarkan cerita dan keluh kesah kami layaknya seorang ibu kandung. Beliau tidak pernah kasar dalam membimbing dan menuntun kami keluar dari masalah-masalah. Saran dan solusinya selalu membuat kami percaya, bahwa masalah apapun pasti bisa diselesaikan jika kita bersungguh-sungguh ingin menyelesaikannya. Menjadi sahabat? Kenapa tidak? Ketika kami ingin tertawa atau kami bingung dengan jurusan kuliah apa yang nanti harus kami pilih, Ibu Rolly siap menjadi sparing partner untuk kami. Layaknya sahabat yang selalu ada ketika kita gundah, Ibu Rolly siap mendengarkan keinginan kami satu per satu dan memberikan kami arahan agar kami tidak salah pilih nantinya. Sungguh seorang guru yang luar biasa.

Disini, kami atas nama XII IPA 1 juga ingin meminta maaf kepada Ibu Rolly untuk kesalahan dan kekurangan kami yang sudah tidak terhitung lagi banyaknya. Kami sering nakal, ribut di kelas, terkadang malas belajar, menolak untuk kuis, kurang sopan, atau bahkan tidak dapat menjaga lisan kami sehari-hari. Untuk semua kesalahan kami tersebut kami mohon maaf.

Kami sangat membutuhkan dukungan dan doa dari Ibu Rolly, agar kami dapat sukses pada jenjang pendidikan selanjutnya. Kami ingin sukses. Sukses lulus SMA dengan nilai yang baik, sukses dalam memilih tempat dan jurusan kuliah, sukses lulus kuliah dengan IPK yang memuaskan juga, sukses menjalankan apapun pekerjaan kami nantinya, dan sukses di akhirat juga tentunya.

Terlebih lagi, yang kami inginkan adalah, ketika kami lulus nanti, itu bukanlah akhir dari segalanya antara kami dan Ibu Rolly. Terima kasih Bu atas ilmu, nasihat, dan pengajaran yang tak ternilai ini. ^_^

3 comments: