Sunday, November 14, 2010

Ekstrakurikuler di Sekolah Kami ^_^

Kali ini skandal akan sedikit bercerita tentang ekstrakurikuler(awas tertukar antara r dan l) di SMA Negeri 4 Lahat.

Di Sma Negeri 4 Lahat, ekstrakurikuler dibagi menjadi 2, yaitu ekskul wajib dan ekskul pilihan (ekskul=singkatan dari ekstrakurikuler..Abis kepanjangan ngetiknya.. :D). Ekskul wajib harus diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 4 Lahat tanpa terkecuali, sedangkan untuk ekskul pilihan, setiap siswa wajib hanya memilih 1 ekskul saja, tidak boleh lebih.

Ekskul wajib di SMAN 4 Lahat terdiri dari imtaq, paskibraka, LKS dan pramuka. Untuk Imtaq, seluruh siswa muslim wajib mengikutinya. Kegiatan imtaq tersebut terbagi menjadi imtaq pagi, imtaq sore dan imtaq malam. Imtaq pagi dimulai dari pukul 06.30 s.d. 06.50. Kegiatannya berupa mengaji dan hanya dilakukan jika tidak ada kegiatan pagi di sekolah(upacara, senam pagi, dsb). Untuk imtaq sore, dimulai dari pukul 17.30 s.d. maghrib dan imtaq malam dari maghrib s.d. isya. Khusus siswa yang berolahraga pada sore harinya, diberi dispensasi imtaq tetapi harus sudah datang di musholla pukul 19.00. imtaq sore dan malam hanya pada hari Senin s.d. Kamis. Kegiatannya adalah tilawah(Senin dan Selasa), Ceramah Umum(Rabu) dan Muhadarah(Kamis). Lalu untuk hari Jum’at, terdapat juga imtaq setelah sholat Jum’at(khusus ihwan/laki-laki) sedangkan bagi yang akhwat/perempuan  yaitu liqo’/ceramah umum.

Untuk paskibraka, LKS dan pramuka, setiap siswa harus memilih salah satu dari ketiga tersebut. Ketiga ekskul ini disesuaikan dengan minat dan kemampuan setiap siswa. Ketiga ekskul tersebut dilakukan pada hari jum’at setelah sholat asar s.d. 17.00. Namun di SMAN 4 Lahat, terdapat suatu organisasi di bawah OSIS yang bergerak di bidang Bela Negara dan menghandle terutama saat ekskul wajib pada hari jumat tersebut. Namanya Senior. Senior ini dipilih dari kelas XI untuk melatih siswa junior(yang kelas X), tapi pas senior kelas XII, juga melanjut melatih junior kelas XI dan kelas X. Senior dipilih oleh senior sebelumnya melalui tes-tes yang diujikan. 

Itu sekilas tentang ekskul wajib. Sedangkan untuk ekskul pilihan, ada sebanyak 10 ekskul pilihan di SMAN 4 Lahat. Tetapi untuk tahun ajaran 2010/2011, ditambah 2 ekskul sehingga totalnya menjadi 12 ekskul pilihan.
Berikut tabel ekskul pilihan beserta guru pelatihnya dan  tempat latihannya. ^_^

No
Nama Ekskul Pilihan
Guru Pembina
Tempat Latihan
1
Basket Ball
Kak Penny
Lapangan Basket
2
Volley Ball
Pak Sarwono dan Pak Andreas
Lapangan Voli
3
Table Tennis
Pak Neksi
Ruang Olahraga
4
PMR (Palang Merah Remaja)
Pak Wiwin dan Bu Desti
Bawah Pohon / UKS
5
Seni Tari (Dance)
Bu Yuli Novi Astuti
Lobi Sekolah / Ruang Matematika 1
6
Seni Lukis
Pak Sugeng Widada
Depan Perpustakaan / bawah pohon
7
Seni Vokal
Pak Okta Sugandi
Kantin
8
Pertamanan
Pak Sumarji
Tidak Menentu
9
Pencak Silat
Pak Nurcahyo dan Pak Handoko
Ruang Bahasa Arab
10
Debat Bahasa Inggris
Sir Baslini
Ruang Bahasa Inggris
11
Bulutangkis (tambahan)
Pak Zhu
Aula SMAN 4 Lahat
12
Seni Teater (tambahan)
Pak Hendy, biasa dipanggil Pak ‘Bucek’
Depan ruang Fisika-PSB

Begitulah ekskul di SMAN 4 Lahat. Nilai dari ekskul ini juga mempengaruhi naik atau tidaknya siswa ke jenjang kelas berikutnya lho. Wah wah.. Skandal’s juga melampirkan foto-foto hasil karya ekskul Pertamanan.. ^_^

taman (kolam) di depan sekolah

Kolam (taman) di depan sekolah

4 comments:

  1. Congratulation for your class' blogspot. Use this media as your communication and information in order to make people know about our best school n especially your best class. Success for you all !

    ReplyDelete
  2. Thank you very much Sir..
    We still expand this blog..

    We hope this blog can give information about this school to the people like what you've said..

    Thank you Sir..

    ReplyDelete
  3. aku dak pernah ekskul :D

    ReplyDelete
  4. aku dak pernah ekskul tp dpet A trus., ckckck mak mane :D

    ReplyDelete